Whisper of The Sea


Bengkel Teater Tarakanita 2 mengadakan sebuah drama teater yang ke-14 nya yang berjudul Whisper of The Sea. Teater yang diangkat dari karya Hans Christian Anderson ini diadakan selama 3 hari, yaitu:

1. Jumat, 9 Maret 2007 : Pukul 19.00 – Selesai

2. Sabtu, 10 Maret 2007 : Pukul 19.00 – Selesai

3. Minggu, 11 Maret 2007 : Pukul 19.00 – Selesai

Teater tersebut berlangsung di Gedung Kesenian Jakarta yang terletak di JL. Gedung Kesenian 1, Jakarta Pusat. Selain para anggota teater, terdapat juga paduan suara yang ikut mempersembahkan suaranya, yaitu kelompok paduan suara yang bernama Adoramus Choir. Dan juga tidak terlupakan anggota penari SMA Tarakanita 2 yang turut hadir memeriahkan teater ini.

Saya mulai berpikir untuk menonton teater ini saat saya diajak oleh teman-teman saya untuk menonton bersama. Oleh karena itu, saya ingin ikut bersama-sama teman menonton teater ini. Berikut ini akan saya jelaskan mengenai jalannya pementasan Whisper of The Sea.

Pertama-tama, akan saya perkenalkan para karakter di teater Whisper of The Sea.

  1. Sara = Merupakan seorang putri duyung yang paling bungsu di antara saudara-saudaranya. Ia merupakan pemeran utama di cerita ini.
  2. Henry = Seorang pangeran dari sebuah kerajaan di dunia. Setiap wanita mencintainya, tetapi tidak satupun di antara mereka yang ingin dijadikan Henry sebagai kekasihnya.
  3. Putri Tiara = Seorang putri dari kerajaan seberang. Ia merupakan anak dari Raja Alfiura.
  4. Liza = Tante satu-satunya dari Pangeran Henry. Ia lah yang merawat Henry dan menggantikan orang tua Henry.
  5. Raja Alfiura = Ayah dari Putri Tiara. Merupakan seorang raja dari kerajaan seberang.
  6. Ratu Aquata = Ibunda dari Sara dan saudara-saudaranya. Merupakan ratu dari kerajaan laut di tempat tinggalnya.
  7. Rikaria = Anak sulung dari Ratu Aquata. Merupakan kakak Sara.
  8. Eroska = Anak kedua dari Ratu Aquata. Merupakan kakak Sara.
  9. Cecilia = Anak ketiga dari Ratu Aquata. Merupakan kakak Sara.
  10. Mekuna = Anak keempat dari Ratu Aquata. Merupakan kakak Sara.
  11. Dofinia = Anak kelima dari Ratu Aquata. Merupakan kakak Sara.
  12. Lily = Anak keenam dari Ratu Aquata. Merupakan kakak Sara.
  13. Ursula = Penyihir jahat yang dapat mengabulkan berbagai permohonan.
  14. Vesco = Pelayan di kerajaan Pangeran Henry.
  15. Belly = Salah satu dari dua orang peri.
  16. Peco = Salah satu dari dua orang peri.
  17. Dua orang pengawal Raja Alfiura.
  18. Seorang pendeta.

Setelah mangenal para tokoh yang terdapat di cerita ini, berikutnya akan saya jelaskan mengenai jalan cerita dari teater Whisper of The Sea ini.

Pada suatu hari ada seorang pangeran yang sedang mengarungi samudra bersama-sama para pengawalnya. Di tengah perjalanan, tiba-tiba badai yang sangat besar menerjang kapal yang ditumpangi oleh sang pangeran. Kapal sang pangeran mengalami kecelakaan di tengah badai yang besar itu. Kapalnya hancur berkepnig-keping dan para pengawal pun mati.

Ternyata pangeran masih hidup. Ia terbaring di tengah lautan. Pingsan, dan hanya bisa menanti kedatangan seseorang yang akan menolongnya. Akhirnya datanglah seorang putri duyung yang datang menolong sang pangeran. Ia membawa pangeran itu ke pantai terdekat dan ditaruhnya ke sebuah batu karang sambil menyanyikan lagu air.

Tiba-tiba datanglah seorang raja bersama putrinya dan para pengawalnya. Raja tersebut bernama Raja Alfiura dengan putrinya yang bernama Putri Tiara. Putri Tiara melihat sang pangeran yang sedang terbaring di batu karang. Ia sangat kaget dan mengira bahwa lelaki tak berdaya itu telah mati. Putri Tiara akhirnya sadar, bahwa lelaki tersebut adalah Pangeran Henry yang sedang dicari-cari di kerajaannya. Pangeran Henry akhirnya terbangun. Ia ingat akan nyanyian air yang didengarnya beberapa saat yang lalu.

Di lain tempat, sang putri duyung, Sara, belum kunjung pulang ke rumah. Kakak-kakaknya sangat khawatir apabila Sara tidak pulang juga. Sang ibu, yang merupakan Ratu Aquata menanyakan persiapan pesta ulang tahun Sara yang ke tujuh belas. Ratu Aquata akhirnya sadar bahwa Sara belum pulang ke rumah.

Tak lama kemudian, Sara pulang ke rumah. Sara bercerita bahwa ia baru saja dari negeri atas. Oleh karena hal itu ia plang terlambat. Mendengar hal itu, Ratu Aquata menjadi marah dan menghukum Sara untuk diam di dalam kamarnya selama beberapa hari. Sedangkan pesta ulang tahunnya diundur ke hari setelah Sara melewati masa hukuman.

Di kamarnya, Sara menangis tersedu-sedu. Melihat hal ini, kakak-kakaknya berusaha untuk menghiburnya dengan nyanyian yang sering dinyanyikan oleh bunda mereka. Sara pun merasa terhibur dan kembali menjadi ceria. Ia bercerita kepada kakak-kakaknya bahwa di dunia atas, ia menyelamatkan seorang pangeran. Sara telah jatuh cinta kepada pangeran itu sejak pandangan pertamanya. Tetapi, Sara hanyalah seekor putri duyung yang tak mempunyai sepasang kaki.

Eroska, salah seorang dari kakak Sara memberi tahu bahwa terdapat seorang penyihir bawah laut yang dapat mengabulkan berbagai permohonan yang kita ajukan. Mendengarnya, Sara kemudian ingin agar keinginannya dapat dikabulkan, yaitu mempunyai sepasang kaki manusia. Selain itu, Dofinia mengusulkan agar Pangeran Henry lah yang sebaiknya menjadi anggota duyung, sehingga mereka tidak perlu berpisah dengan Sara. Tetapi tekad Sara sudah kuat. Ia tetap ingin menjadi manusia.

Di tempat sang penyihir tersebut, Sara bertemu dengan Ursula, sang penyihir bawah laut. Sara memohon kepada Ursula untuk memberikannya sepasang kaki manusia. Hal itu dapat dikabulkan oleh Ursula, asalkan Sara mau memberikan suaranya kepada Ursula. Sara menyetujuinya dan diberikannya oleh Ursula sebuah botol yang berisi cairan yang jika diminumnya akan merubah sirip Sara menjadi sepasang kaki manusia.

Sara yang telah meminum seluruh isi botol itu akhirnya menjadi manusia juga. Memiliki sepasang kaki manusia, tetapi ia telah kehilangan suaranya. Ursula kemudian memperingati Sara bahwa apabila Sara tidak dapat menarik hati sang pangeran dalam 3 hari maka ia akan menjadi buih di puncak lautan.

Di kerajaannya, Pangeran Henry telah menolak banyak sekali gadis yang dipilih oleh tantenya, Liza, untuk menjadi kekasih Pangeran Henry. Liza tidak habis pikir mengapa gadis-gadis yang jumlahnya ratusan itu semuanya ditolak oleh Henry. Kemudian, Liza memperkenalkan seorang pelayan baru yang mulai hari ini akan bekerja di tempat ini yang tak lain adalah Sara. Tetapi Sara yang tidak bisa bicara itu tidak dapat memberitahukan namanya sehingga tidak satupun dari anggota kerajaan itu yang mengenalnya. Vesco, salah satu pelayan di kerajaan menemukannya terbaring di pantai dekat kerajaan. Sara kemudian memberi bantuan kepada Vesco untuk membuat makanan bagi sang pangeran dan tantenya. Oleh karena itu, Vesco mengangkatnya menjadi pelayan di kerajaan.

Keesokan hari, ketika Sara dan Pangeran Henry sedang berdua di luar istana, Henry bertanya kepadanya apa ia sedang menantikan kedatangan seseorang. Henry juga sedang menantikan kedatangan seorang perempuan yang menyelamatkannya dari badai ketika ia sedang berlayar di lautan. Tiba-tiba Liza datang memecahkan pembicaraan mereka, memberi kabar bahwa Putri Tiara telah datang dan akan dinikahkan dengan Henry esok hari. Henry sangat terkejut mendengar hal tersebut, begitu juga Sara.

Ratu Aquata sangat cemas dengan keadaan Sara. Di lain tempat, kakak-kakak Sara mendatangi Ursula untuk meminta obat penangkal agar Sara dapat kembali ke wujud putri duyung. Ursula memberitahu bahwa tidak ada penangkalnya, tetapi ada satu syarat agar Sara dapat kembali kepada mereka. Sara harus membunuh Pangeran Henry dengan sebuah belati khusus yang akan diberikan Ursula jika mereka mau memberikan seluruh rambut milik mereka. Demi Sara, kakak-kakaknya setuju untuk menukarkan rambut mereka dengan belati yang dapat membuat Sara kembali ke rumah.

Sore hari pada hari kedua, kakak-kakak Sara mendatangi Sara. Sara saat itu sedang menangis tersedu-sedu karena Pangeran Henry mengira bahwa yang menyelamatkan dirinya saat badai di laut adalah Putri Tiara, sehingga ia mau menikah dengannya. Padahal, Saralah yang telah menyelamatkan Henry. Kalau saja suara Sara tidak diambil Ursula, mungkin Henry tahu bahwa Saralah yang menyelamatkannya.

Kakak-kakak Sara kemudian memberitahu Sara bahwa ada satu cara agar ia dapat kembali ke wujud putri duyung sebelum waktu habis. Ia harus membunuh Henry dengan belati yang diberikan kepadanya. Sara tidak habis pikir. Bagaimana caranya untuk membunuh Henry, orang yang dicintainya.

Keesokan harinya, Sara sedang berduaan saja bersama-sama Pangeran Henry. Saat ini merupakan saat yang tepat untuk membunuhnya. Beberapa kali Sara mencoba untuk menusuk Henry dengan belati tersebut dari belakang, tetapi hal itu tidak dapat dilakukannya. Tidak kepada Henry, orang yang dicintainya itu. Liza kemudian datang memanggil Henry untuk bersiap-siap di hari pernikahannya ini. Henry pun akhirnya pergi meninggalkan Sara.

Sara akhirnya putus asa. Ia tidak tahu apa lagi yang harus dilakukannya. Ia hanya bisa menunggu hingga matahari terbenam, dimana hal itu merupakan saat-saat terakhirnya sebelum menjadi buih di lautan. Ia tidak dapat membunuh Pangeran Henry, dan juga tidak dapat bertemu kembali dengan keluarganya.

Akhirnya matahari telah terbenam. Sara pun jatuh ke laut dan menjadi buih. Keluarganya sangat sedih dan semuanya menangis dengan kepergian Sara. Sedangkan Pangeran Henry sedang berpesta merayakan pernikahannya. Ia tidak tahu, betapa besar pengorbanan Sara demi menjadi kekasihnya, yang akhirnya tidak terpenuhi juga dan hanya dapat melihat kesedihan akibat cintanya tersebut.

The End

About Deni Yang

Not much to describe. Just an ordinary boy.

2 responses to “Whisper of The Sea

  1. Andrew

    Walah…Kendalikan nafsu lo den…Wakakaka
    Ati-ati tuh celana bolonx, =)
    (Ketusuk paku maksudnya…)

    Ya udah deh…Tahun depan nonton lagi!
    Moga-moga kita jadi pemainnya, hohoho

  2. @andrew
    kalau kita jadi pemainnya mah gk bakalan nonton… T_T
    kendalikan apanya?

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates @yDeni

Error: Please make sure the Twitter account is public.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 15 other followers

Flickr Photos

Two big towers in #Sudirman #carfreeday #jakarta #phaseui80 #phase80 #sky #cloud #sports #jogging #health

Ladders to the next level

DSCN1030

More Photos
%d bloggers like this: