12 Lilin (Niru High School Musical!!!)


Hari Minggu kemarin, saya diberitahu oleh saudara saya bahwa ada sebuah film di Indosiar yang mirip seperti High School Musical. Saya sangat terkejut dan segera menonton film tersebut. Film yang merupakan film satuan ini dimulai pada pukul 21.00 WIB dan berakhir pada pukul 23.00 WIB. Oh ya, satu lagi, film ini sebenarnya dah dari dulu, tapi saya baru lihat jadi saya mohon maaf apabila ada yang dah pernah tahu…

Saya menonton film ini ketika pelaksanaan audisi operet yang pertama, yaitu saat Moza, yang berperan seperti Sharpay (Kalau gk salah namanya Moza) dan Di.. (siapa namanya saya lupa, tetapi ia berperan seperti Ryan) sedang bernyanyi dalam audisi operet pertama. Saya minta maaf karena saya tidak bisa memberikan detail saat awal film, karena saya mulai menonton di tengah-tengah cerita.

Dalam Film 12 Lilin , yang berperan seperti Troy bernama Rey, dan yang berperan seperti Gabriella bernama Geby. Yah, namanya sedikit mirip memang. Mereka juga bermain hampir sama persis seperti di High School Musical. Mengikuti 2 perlombaan sekaligus di hari yang sama, saling suka, dan lainnya. Ceritanya, mereka berempat ingin mengikuti audisi operet yang bernama “12 Lilin” yang disponsori oleh Indosiar. Dan ternyata, Moza dan cowonya saat itu merasa terpojok akibat munculnya Geby dan pasangan menyanyinya, Rey. Padahal, Rey harus mengikuti perlombaan futsal, Geby pun juga harus mengikuti perlombaan Story Telling. Tetapi, akhirnya mereka dapat menyelesaikan audisi operet tersebut dan berhasil menjadi bintang dalam operet 12 Lilin.

Film ini diperankan oleh Leony (Geby), serta beberapa lulusan AFI. Seingat saya, ada Dicky AFI (berperan seperti Ryan di High School Musical), Veri AFI (berperan seperti Chad di High School Musical), Kia AFI (saya tidak tahu ia berperan seperti siapa, tetapi ia selalu bersama-sama dengan Chad), dan beberapa artis remaja lainnya yang saya kurang tahu namanya. (Maklum OOT, maaf)

Beberapa persamaan yang dapat dilihat dari film 12 Lilin ini dengan High School Musical antara lain:

  1. Inti ceritanya sama, 2 orang siswa SMU yang ingin mengikuti audisi operet

  2. Adanya berbagai peran yang sama seperti film High School Musical, walaupun diganti namanya ke nama Indonesia

  3. 2 orang pemeran utama (Geby dan Rey di Film 12 Lilin) yang dari kedua film tersebut saling menyukai satu sama lain

  4. Adanya gangguan saat mau mengikuti audisi operet

  5. Sharpay dan Ryan (dalam film 12 Lilin) mempunyai sifat yang mirip dengan versi High School Musical

  6. Dan banyak kemiripan lain yang berhubungan dengan jalan cerita dari film tersebut atau yang saya lewatkan

Sedangkan, perbedaan yang saya cermati dari film 12 Lilin ini dengan High School Musical antara lain:

  1. 2 orang yang memerankan Sharpay dan Ryan (Dalam Film 12 Lilin) bukan sebagai saudara sepupu, melainkan sebagai pacar

  2. Dalam 1 kelas, siswanya lebih banayk dibandingkan dengan di High School Musical

  3. Orang yang berperan sebagai Ryan di film ini malah jadi suka sama yang berperan sebagai Kelsi, padahal Kelsi di High School Musical disukai cowo yang bukan Ryan di akhir cerita

  4. Endingnya berbeda. Di film 12 Lilin, endingnya berupa pelaksanaan operet, padahal di High School Musical Endingnya belum ke pelaksanaan operet, melainkan perayaan kemenangan tim Wild Cats

  5. Tim olahraga di film 12 Lilin itu bukanlah tim basket, tetapi tim fustsal

  6. Pak Andri (Coach Bolton) dalam film 12 Lilin yang awalnya selalu bertengkar dengan yang berperan sebagai Miss Darbus, kelihatan sedikit perhatian dengannya di akhir cerita, malahan yang berperan sebagai Miss Darbus suka banget ama Pak Andri. Padahal di High School Musical mereka berdua selalu bertengkar dan tidak mau berbaikan

  7. Pak Andri (Coach Bolton) di Film 12 Lilin ini bukan sebagai ayah dari Rey (Troy), hanya sebagai pelatih futsal saja

  8. Geby (Gabriella) di Film 12 Lilin mengikuti lomba Story Telling, bukan lomba sains

  9. Dan masih ada beberapa perbedaan yang mungkin saya lewatkan

Ya, memang sangat mirip. Walaupun agak dibuat banyak berbeda dengan High School Musical, tetapi saya sedikit merasa kesal. Menurut saya, kalau mau mengikuti sebuah film, sebaiknya ikutilah sampai sedetail-detailnya. Janganlah membuat film dari film lain tetapi dibuat berbeda, walaupun isinya sama.

Dan seingat saya, sinetron di RCTI yang berjudul Idola juga mengikuti High School Musical. Dan lagi-lagi, sengaja dibuat berbeda sampai-sampai melenceng jauh dari High School Musical, padahal di awal cerita sangat mirip sekali.

Sudah banyak film Indonesia yang mengikuti film-film dari luar negeri. Sebenarnya apa penyebabnya? Bagaimana dengan kemajuan film Indonesia jika hanya bisa “menyontek” dari film asing? Saya merasa kecewa dengan banyaknya kejadian seperti ini.

About Deni Yang

Not much to describe. Just an ordinary boy.

43 responses to “12 Lilin (Niru High School Musical!!!)

  1. pRiLia MoNtEz

    iNdOsIaR PayAh! AlAy……
    I HoPe InDoSiAr iS NeVeR iN TelEvIsIoN AgaiN./……..
    gEtoUt fRoM TeLeViSiOn!!!

  2. assyifa permata sari

    wah indosiar gmn sih payah masa ngikutin cerita high shcool musical

  3. Karin

    C A C A T

    S A M P A H

What do you think?

Twitter Updates @yDeni

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 15 other followers

Flickr Photos

Two big towers in #Sudirman #carfreeday #jakarta #phaseui80 #phase80 #sky #cloud #sports #jogging #health

Ladders to the next level

DSCN1030

More Photos
