Tetsuya Nomura Interviews


Dan ini juga sesuai dengan yang wa janjiin di post wa yang ini. Silakan membaca wawancara Nomura… Maaf soalnya masih sedikit gara” baru kerja bentar doank… 

TechTV Interview (2004)

Bagaimana masa depan “Kingdom Hearts”? Akankah kamu mau membuat Kingdom Hearts menjadi sebuah game panjang seperti “Final Fantasy”, atau apakah kamu mempunyai batas gambaran untuk seri game tersebut?

Nomura: Di seri “Final Fantasy” setiap gamenya telah mempunyai karakter-karakternya tersendiri dan sebuah cerita yang baru, yang membuat game tersebut tetap berjalan. Tetapi di seri “Kingdom Hearts” Sora adalah karakter utamanya. Jadi yang jelas, karena kami hanya bermain sebagai 1 karakter utama di seri ini, menjaga karakter tersebut untuk terus hidup dan menarik akan menjadi sebuah tantangan. Untuk setiap karakter pasti akan ada akhirnya, walaupun saya tidak tahu kapan atau apa akhir dari petualangan Sora. Di waktu yang akan datang, suatu waktu, mungkin ada penyelesaian, tetapi untuk sekarang saya akan teruskan menjelajahi Sora dan kisahnya.

Kingdom Hearts Ultimania Book (2004)

Kami ingin menanyakan beberapa pertanyaan mengenai cerita yang ditambahkan. Pertama-tama, Apakah Kairi datang ke Destiny Island karena itu memang takdirnya, atau apakah hanya kebetulan?

Nomura: Jawabannya adalah kedua-duanya. Hal ini tidak ditampilkan di dalam game ini, dan merupakan sebuah isu yang sulit bagi saya untuk bisa menyebut hal ini sebuah living setting atau tidak, tetapi bagaimana pun juga Kairi dikirim keluar dari Hollow Bastion oleh Ansem. Dan alasan mengapa Ansem mengirimnya adalah untuk menemukan Keyblade. Disana sebenarnya terdapat petunjuk mengenai hal tersebut di penjara dalam End of the World. Ansem menduga bahwa gadis-gadis yang merupakan puteri akan membuatnya sampai ke tempat Keyblade. Jadi Kairi datang ke tempatnya Sora dan Riku karena kesempatan dan juga takdirnya.

Apakah maksudmu ada “Keyblade Heroes” lainnya?

Nomura: Yah, tidak dapat disangkal lagi di sana terdapat “Keyblade Heroes” lain, tetapi itu hanya terjadi bahwa kali ini, Kairi berhasil sampai ke dunia dimana Riku dan Sora berada. Hanya itu.

Mengenai Riku yang menjadi pemilik sebenarnya dari Keyblade – Mengapa Sora yang mempunyai Keyblade pertama kali?

Nomura: Bagian yang ini juga sedikit tidak jelas. Di Destiny Islands saat Riku sedang ditelan oleh Kegelapan, di sana terdapat kilauan cahaya, dan selanjutnya tiba adegan dimana Sora pertama kali mendapatkan Keyblade, benar? Di latar yang saya buat, Kegelapan yang membungkus dirinya di sekitar mereka berdua adalah Kegelapan dari hati Riku. Beberapa saat ketika Sora masuk ke dalam Kegelapan itu, cahaya yang bisa kamu lihat adalah Cahaya yang berasal dari hati. Sora, mencoba untuk membantu Riku, berjuang di dalam Kegelapan, menyentuh cahaya itu dan akhirnya Keyblade berada di tangan Sora.

Selain itu, Neneknya Kairi pernah menceritakannya sebuah cerita mengenai “Dunia yang pernah binasa sekali dan dibuat kembali dengan Cahaya milik anak-anak.” Apakah “Dunia yang dibuat kembali dengan Cahaya milik anak-anak” itu dalam kenyataannya menunjuk kepada semua dunia di dalam game ini?

Nomura: Ya, itu betul. Tetapi cerita itu bukanlah sejarah, hanya sebuah dongeng. Hal ini tidak berarti bahwa cerita ini sama dengan sejarah dunia. Walaupun, disana terdapat beberapa tingkat yang melengkapi.

Ketika kalian melihat ke komputer di “World’s Prison”,di sana terdapat sebuah pesan dengan arti yang sangat dalam. Pesan tersebut berkata, “Two will seal the Door of Darkness (Dua akan menyegel Pintu Kegelapan).” Siapa yang berkenaan dengan hal itu?

Nomura: Yah, dengan melihat apa yang terjadi (di dalam game), satu dari mereka tidak salah lagi adalah Sora. Dan yang satu lagi, kalian bisa memilih salah satu, Riku atau sang Raja (Mickey). Dan juga untuk “kedua kunci”, mereka adalah kunci yang dimiliki Sora dan sang Raja, tetapi juga ada kehadiran dari Sora dan Riku.

 =======Update=======

Pada akhirnya, kelihatannya Kairi ditinggal di Destiny Island. Apakah ia tidak kembali ke Hollow Bastion?

Nomura: Benar. Saya sering ditanyai mengenai bagian ini, tetapi sebenarnya sudah dijelaskan di dalam game. Para Puteri memberitahu Sora bahwa semuanya akan dapat kembali ke tempat dimana mereka berada ketika dunia mereka dihancurkan. Kairi menghilang di Destiny Island, jadi ia kembali ke sana. Karena ia dikirim secara fisik dari Hollow Bastion menuju Destiny Islands, Jadi ia tidak pernah secara sesungguhnya “menghilang” dari sana.

Di bagian ending, Riku dan Raja (Mickey) ada di bagian lain dari pintu. Mengapa begitu?

Nomura: Sejauh Raja (Mickey) diperhatikan, ia telah berada di bagian yang lain sejak awal. Ia menghilang karena ia pergi ke dunia di bagian yang lain demi menemukan satu dari dua kunci. Di sana, ia mempunyai petualangannya tersendiri seperti Sora. Mengenai Riku, tubuhnya dicuri oleh Ansem (Heartlessnya Xehanort), hatinya tidak berbekas di dunia ini. Bagian lain dari pintu tersebut adalah, persis seperti pintu itu muncul, Kegelapan. Jadi hatinya Riku pergi ke dunia di bagian lain tersebut, seperti yang disebutkan oleh Ansem (Heartlessnya Xehanort) pada akhirnya, Dunia Kegelapan. Jadi, ketika Ansem (Heartlessnya Xehanort) menghilang dan Riku kembali ke tubuh aslinya, dia sedang berada di Dunia Kegelapan. (Riku kembali ke tubuh aslinya, oleh karena itu ia tidak meninggalkan Heartless atau Nobody.)

Oke selanjutnya, ketika Riku sudah kembali ke tubuhnya sendiri, mengapa ia tidak kembali ke dunia di bagian ini?

Nomura: Ini adalah perihal lain yang sering ditanyakan banyak orang, tetapi jawabannya sebenarnya tertulis di pesan dalam komputernya World’s Prison. Secara tidak langsung dinyatakan bahwa hanya Kegelapan yang bisa melewati pintu itu. Riku dan Raja (Mickey) bukanlah makhluk Kegelapan, jadi mereka tidak bisa keluar dari pintu itu.

GMR Magazine (2004)

Apakah Mickey karakter yang paling kuat di seluruh alam semesta dalam Kingdom Hearts?

Nomura: Saya masih harus mengungkapkan karakter yang paling kuat. Tetapi saya yakin bahwa kalian akan terkejud dengan perannya Mickey.

Dengan Kingdom Hearts yang pertama, kamu menunggu pendapat reaksi dari orang-orang sebelum memulai membuat sambungannya. Karena sekarang seri game ini telah meraih kesuksesannya, apakah kamu bermaksud untuk merubah Kingdom Hearts menjadi sebuah game yang berlanjut secara terus menerus, seperti Final Fantasy? Apa sih masa depannya Kingdom Hearts?

Nomura: Saya percaya bahwa seri Final Fantasy adalah game yang akan berlanjut selama-lamanya. Di lain cerita, Kingdom Hearts akan berakhir pada beberapa hal. Entah akhir dari cerita tersebut datang di cerita selanjutnya atau di beberapa seri selanjutnya, saya tidak tahu. Apa yang saya tahu adalah saya telah melihat “adegan akhir” yang akan menutup Kingdom Hearts.

Kingdom Hearts: Chain of Memories Ultimania Book (2005)

Cerita ini menghubungkan Kingdom Hearts dengan Kingdom Hearts II, tetapi akankah ada cerita yang akan melanjutkan Chain of Memories itu sendiri?

Nomura: Sistem game ini sangatlah menyenangkan dalam digunakan jadi saya ingin menggunakannya lagi lain kali. Bagaimanapun, Chain of Memories tidak benar-benar mempunyai cerita tetapi, hanya sebuah bagian dari sebuah cerita yang lebih besar. Saat ini, saya rasa membuat Chain of Memories 2 sungguh merupakan sebuah tugas yang sangat sulit untuk dikerjakan.

Kingdom Hearts II Ultimania Book (2006)

Setelah ending (bagian akhir), kali ini juga terdapat sebuah secret movie. Apa persisnya yang ingin diberitahukan oleh movie tersebut?

Nomura: Sebenarnya saya mempunyai suatu ide yang mendalam mengenai apa latar dalam movie tersebut di kepala saya. Di secret movienya Kingdom Hearts pertama, saya tidak begitu yakin apakah saya akan membuat sebuah game lanjutannya atau tidak, jadi beberapa bagian sungguh tidak jelas. Tetapi kali ini saya sudah mempunyai sebuah ide di kepala saya dimana saya berpikir “Ini dia.”

Apakah adegan tersebut terjadi di masa depan atau di masa lalu?

Nomura: Paling tidak saya ingin mengatakan adegan itu merupakan episode di masa lalu, tetapi…. Hmm, bagaimana baiknya saya mengatakannya? Adegan itu terjadi di masa lalu tetapi kalian juga bisa berpikir adegan itu merupakan adegan di masa depan, sesuatu yang seperti itu.

Siapa sih 3 orang yang memakai armor?

Nomura: 3 orang tersebut benar-benar karakter baru yang belum pernah muncul sama sekali. Sebenarnya, saya telah memikirkan nama mereka. Ketika saya sedang membuat secret movienya, saya hanya mempunyai setting dari ke-3 karakter tersebut, tetapi sekarang saya telah menggambar wajah mereka demi mendapatkan imej yang lebih jelas tentang mereka untuk saya.

To be continued…

Sorry, gara-gara wa belum selesai mentranslate wawancaranya (banyak banget sih…) dan wa punya kesibukan lain (maen KH 2: FM+, FF VII “ngulang maen”, dan nonton film” yang baru wa beli), wa sementara ini cuman bisa kasih sebanyak ini dulu. Dan juga, Sorry kalau ada salah translatenya. Jika kalian menemukan kesalahan, tolong sebutkan dimana dan yang benar itu apa ok?

About Deni Yang

Not much to describe. Just an ordinary boy.

One response to “Tetsuya Nomura Interviews

  1. Pingback: Tetsuya Nomura Interviews (*Update*) « Come to My Planet

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates @yDeni

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 15 other followers

Flickr Photos

Two big towers in #Sudirman #carfreeday #jakarta #phaseui80 #phase80 #sky #cloud #sports #jogging #health

Ladders to the next level

DSCN1030

More Photos
%d bloggers like this: