Doraemon


Doraemon 

Doraemon merupakan seri komik Jepang yang dikarang oleh Fujiko F. Fujio (nama pena dari Hiroshi Fujimoto) yang kemudian menjadi sebuah seri anime (kartun Jepang) dan franchise Asia. Seri ini menceritakan sebuah kucing robot bernama Doraemon, yang mengadakan perjalanan waktu dari abad ke-22 untuk membantu seorang murid, Nobi Nobita. Seri tersebut pertama kali muncul di bulan Desember tahun 1969, saat diterbitkan secara serempak di 6 majalah berbeda. Di seri aslinya, total cerita yang diterbitkan oleh Shogakukan dibawah Tentōmushi adalah 1.344 cerita, kemudian menjadi 45 volume. Komik-komik tersebut dikumpulkan di Takaoka Central Library di Toyama, Japan, tempat Fujio dilahirkan.

Pada bulan Desember tahun 1969, manga (komik Jepang) Doraemon muncul secara serempak di 6 majalah bulanan anak yang berbeda. Majalah-majalah tersebut diberi judul menurut tahun pelajaran dari para murid, diantaranya adalah Yoiko (playgroup), Yōchien (taman kanak-kanak), dan Shogaku Ichinensei (kelas 1 SD) sampai Shogaku Yonnensei (kelas 4 SD). Di tahun 1973, seri Doraemon mulai muncul di 2 majalah lain, Shogaku Gogensei (kelas 5 SD) dan Shogaku Rokunensei (kelas 6 SD). Cerita-cerita yang ditampilkan di setiap majalah tidaklah sama, yang berarti aslinya sang pengarang mengarang lebih dari 6 cerita per bulan. Pada tahun 1979, CoroCoro Comic diluncurkan sebagai sebuah majalah Doraemon. Manga original yang menjadi dasar pada Doraemon Movie juga diterbitkan di CoroCoro Comic. Cerita-cerita yang dibawahi Tentōmushi merupakan cerita-cerita yang bisa ditemukan di majalah tersebut.

Sejak debut Doraemon di tahun 1969, cerita-cerita tersebut telah dikumpulkan secara selektif menjadi 45 buku yang diterbitkan dari tahun 1974 sampai 1996, yang laku di pasaran sampai di atas 80 juta buku telah terjual pada tahun 1992. Sebagai tambahan, Doraemon telah muncul di berbagai jenis seri manga oleh Shōgakukan. Pada tahun 2005, Shōgakukan menerbitkan sebuah seri yang terdiri dari 5 volume manga lagi dengan judul Doraemon+ (Doraemon Plus), yang belum pernah ditemukan di 45 volume manga Tentōmushi.

Kemunculan Doraemon Pertama Kali

Doraemon dikirim ke masa lalu oleh cucu buyutnya Nobi Nobita, Sewashi untuk meningkatkan keadaan Nobita sehingga keturunannya dapat menikmati masa depan yang lebih baik. Di arus waktu yang sesungguhnya, Nobita gagal di sekolahnya dan kemudian, karirnya, telah meninggalkan keluarganya akibat masalah keuangan.

Biasanya, ceritanya berpusat pada perjuangan Nobita (pelaku utama dalam cerita), murid kelas 4 SD, dalam kesehariannya. Doraemon memiliki sebuah kantong 4 dimensi yang membuat dirinya dapat mengeluarkan semua jenis peralatan masa depan, berbagai perkakas, dan berbagai alat permainan dari department store masa depan. Di chapter yang khas, Nobita pulang ke rumah sambil menangisi masalah yang dihadapinya di sekolah atau di lingkungan rumah tangga. Setelah Nobita memohon atau mendorong (Doraemon) , Doraemon mengeluarkan sebuah alat untuk membantu Nobita menyelesaikan masalahnya, membuat pembalasan, atau pamer di depan teman-temannya.

Biasanya Nobita terlalu berlebihan, memandang rendah maksud / tujuan Doraemon, dan terjebak di masalah yang lebih besar dari sebelumnya. Suatu waktu, teman-teman Nobita (biasanya Suneo atau Jaian) mencuri alat-alat tersebut dan berakhir dengan menyalahgunakan alat tersebut. Bagaimanapun, di akhir cerita, biasanya terdapat pembalasan kepada karakter-karakter yang menyalahgunakan alat-alat tersebut, dan sebuah pesan moral diajarkan.

Sumber : Wikipedia

Pada tahun 2007 ini, di Indonesia, Doraemon telah berumur 17 tahun. Sepertinya sudah lama sekali bukan? Saya berharap Doraemon dapat panjang umur dan selalu melekat di hati orang yang menonton atau membacanya, mengingat bahwa saya juga merupakan penggemar Doraemon.

About Deni Yang

Not much to describe. Just an ordinary boy.

11 responses to “Doraemon

  1. kpn judul terbaru doraemon d keluarkan????????????????

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates @yDeni

Error: Please make sure the Twitter account is public.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 15 other followers

Flickr Photos

Two big towers in #Sudirman #carfreeday #jakarta #phaseui80 #phase80 #sky #cloud #sports #jogging #health

Ladders to the next level

DSCN1030

More Photos
%d bloggers like this: