Imlek, Momen Tepat Untuk Berbagi Kasih


gong-xi-fa-cai

Imlek atau Sin Tjia adalah sebuah perayaan yang dilakukan oleh para petani di China yang biasanya jatuh pada tanggal satu di bulan pertama di awal tahun baru. Perayaan ini juga berkaitan dengan pesta para petani untuk menyambut musim semi. Biasanya di hari raya imlek ini para petani menaikkan doa mereka kepada Tuhan sebagai wujud syukur dan doa harapan agar tahun depan mendapat rejeki lebih banyak dan biasanya mereka juga menjamu para leluhur mereka. Yang tidak ketinggalan juga biasanya mereka menggunakan momen ini sebagai sarana silaturahmi dengan keluarga, kerabat dan tetangga.

Pada perayaan tahun baru Imlek, hal-hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang merayakannya antara lain: rumah dibersihkan, orang menghias diri dengan pakaian baru, menyediakan makanan yang enak. Dan biasanya pada malam sebelum tahun baru, seluruh anggota keluarga kumpul bersama dan makan malam sekeluarga. Kesemuanya itu diartikan datangnya tahun baru mengubah segalanya menjadi baru. Tradisi imlek ini hampir dirayakan oleh seluruh pelosok dunia dimana terdapat orang Chinese, keturunan atau pecinan, tidak terkecuali juga di Indonesia.

Pada dasarnya Imlek adalah sebuah perayaan tahun baru dan merupakan momen pertemuan seluruh anggota keluarga sekali dalam setahun. Anggota keluarga akan bersilahturahmi, saling berbagi dan memberikan pengalaman mereka. Perayaan ini menjadi sangat berarti tatkala setiap anggota keluarga, kerabat dan tetangga saling berbagi kasih. Inilah yang menjadi poin penting saat kita sebagai anak-anak Tuhan merayakan Imlek ini ditengah-tengah keluarga dan lingkungan kita dan bukan hanya sekadar mengikuti tradisi. Mari gunakan momen Imlek ini untuk mengungkapkan kasih Kristus kepada saudara dan lingkungan kita.

Buat saya sendiri, Imlek itu sungguh hari yang berarti. Bukan hanya karena mendapatkan ang pao, tetapi saya sendiri bisa membagikan ucapan berkat kepada keluarga-keluarga saya yang biasanya jarang sekali untuk dapat ditemui. Gong Xi Fa Cai, yang merupakan kata-kata penuh berkat yang setiap kali kita gunakan ketika Imlek, sungguh menyentuh hati saya pribadi.

Gong Xi Fa Cai
Xin Nian Kuai Le

About Deni Yang

Not much to describe. Just an ordinary boy.

4 responses to “Imlek, Momen Tepat Untuk Berbagi Kasih

  1. gong xi fa cai!
    kalo tepat untuk berbagi kasih.
    maka tepat juga untuk berbagi angpao.
    gw butuh angpao berisi uang rupiah.
    bukan angpao berisi motion “THW burden the responsibility to mitigate climate change only to countries with high economic growth”.
    wkkwkwkw..

  2. okok..
    berusaha mengambil nilai positif..

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates @yDeni

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 15 other followers

Flickr Photos

Two big towers in #Sudirman #carfreeday #jakarta #phaseui80 #phase80 #sky #cloud #sports #jogging #health

Ladders to the next level

DSCN1030

More Photos
%d bloggers like this: